Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Senin, 29 Juni 2020

Desain Rumah Yang Diilhami Bentuk Joglo

Dewasa ini warga masyarakat mengenal berbagai desain rumah yang semakin banyak desain-desain bermunculan, akan tetapi apabila diperhatikan banyak bangunan-bangunan dengan desain lama tetap bertahan dengan sentuhan-sentuhan baru.  Salah satu desain klasik yang tetap bertahan adalah rumah joglo dimana banyak rumah-rumah baru yang desainnya diilhami bentuk rumah joglo.

Desain Rumah Diilhami Rumah Joglo

Rumah Joglo Awalnya Dimiliki Golongan Atas  Pulau Jawa

Di Pulau Jawa bangunan rumah joglo sudah dikenal ratusan tahun sehingga wara asli Jawa sangat akbrab dengan bentuk rumah joglo. Apalagi yang pernah hidup di kampung dimana saat ini dikampung-kampung masih banyak bangunan berbentuk joglo yang masih berdiri.

Selain di kampung-kampung, banyak desainer perumahan baru yang berada di kota turut mengadopsi bentuk rumah joglo ke dalam desainnya sehingga bangunan-bangunan yang baru juga bertumbuhan walaupun terjadi perubahan sana-sini akan tetapi bentuk joglo sebagai inspirasi dari desainnya masih terlihat dengan jelas.

Bangunan joglo memiliki struktur dengan kayu-kayu yang besar dan juga bangunan lebih tinggi dari bangunan-bangunan lain pada umumnya. Maka dari itu rumah joglo dibangun dengan bahan bangunan lebih besar volumenya. Dengan sendirinya maka biaya pembangunan rumah joglo menjadi relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah tipe lainnya. Maka dari itu, rumah joglo biasanya dimiliki oleh orang yang memiliki status sosial tinggi yang mampu membangun rumah dengan biaya yang lebih tinggi, sedangkan bagi orang lain umumnya memilih membangun dengan tipe bangunan lain yang berbiaya lebih murah. Misalnya berbentuk limasan.

Bentuk Rumah Joglo Melambangkan Keagungan

Bentuk rumah joglo menyerupai bentuk gunung, sehingga rumah joglo melambangkan keagungan. Hal ini karena gunung bagi penghuni Pulau Jawa dianggap makhluk yang agung di muka bumi. Rumah joglo memilik bentuk seperti gunung dengan demikian rumah joglo memiliki keagungan seperti halnya gunung. Bentuknya yang tinggi menjulang dan juga keindahan yang terbentuk menimbulkan rasa keagungan bagi yang melihat serta yang menghuninya.

Tidak heran orang-orang besar dahulu di Pulau Jawa cenderung membangun rumahnya dalam bentuk bangunan rumah berupa joglo. 

Disini Kami Tampilkan Rancangan Rumah Yang Terinspirasi Bentuk Rumah Joglo

Beberapa desain kami yang terinspirasi rumah joglo antara lain adalah yang kami tampilkan pada postingan ini. Dimana disini ada bangunan yang masih kental bentuk joglonya dan ada pula yang sudah berbeda akan tetapi masih terinspirasi bentuk rumah joglo.

Penggunaan Material Kayu Adalah Ciri Rumah Joglo

Seperti disebutkan di atas bahwa rumah joglo lebih banyak menggunakan bahan bangunan jika dibandingkan dengan bentuk rumah lainnya seperti misalnya limas. Sedangkan untuk rumah joglo material yang banyak digunakan adalah material kayu. Bahkan pemakaian kayu menjadi ciri rumah joglo, termasuk bangunan-bangunan baru yang diilhami joglo biasanya masih mempertahankan bahan dari kayu sehingga cita rasa joglonya masih terasa.

Interior Joglo dan Partisi Dengan Special Finishing

Namun demikian untuk rumah joglo modern sering dikombinasikan dengan beton, bata merah, batu alam bahkan hebel. Kayu masih tetap digunakan sebagai ciri dari joglo namun porsinya beragam sesuai dengan desin yang digunakan. Meskipun dikombinasikan dengan material-material tersebut hasil desain dengan inspirasi rumah joglo memiliki karakter agung seperti rumah joglo yang menginspirasinya.

Rumah Joglo Sering Ditampilkan Dengan Tanpa Dinding atau Minim Dinding

Orang-orang besar terdahulu seperti kepala desa, demang dan seterusnya sering membangun rumahnya dalam bentuk rumah joglo. Rumah joglo ini berada pada bagian depan rumah yang biasanya di bagian belakang masih ada bangunan lagi bisa satu atau dua bangunan limasan. Pada bagian depan rumah joglonya sering digunakan untuk kepentingan orang banyak atau yang biasa disebut pendopo.

Interior Rumah Joglo Tanpa Dinding

Pendopo ini sering terbuka tanpa dinding sehingga bisa untuk kegiatan-kegiatan seperti rapat atau kegiatan kesenian seperti menari dan sebagainya. Dengan tanpa dinding maka ventilasi sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan segar. Namun apabila menghendaki lebih banyak penutup, maka pendopo bisa dikasih dinding namun terbatas tidak tertutup semuanya.

Namun pada perkembngan saat ini, dimana keperluan akan bangunan banyak yang berfungsi sebagai perkantoran maka bangunan-bangunan terbaru yang diilhami rumah joglo sering ditutup dengan rapat, bahkan tidak ada sirkulasi udara dari luar karena ruangan berpendingin dengan air condisioner (AC). Demikian, mengenai rumah joglo, sampai ketemu pada postingan selanjutnya. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan jika ada terkait dengan postingan ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 (DUA) TAHUN BERLIBUR, WAKTUNYA KEMBALI BERSEMANGAT

Setelah berlibur selama 2 (dua) tahun kini waktunya kembali bersemangat dimana keadaan sudah mulai membaik pasca pandemi dan dengan mulai di...