Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Minggu, 12 Mei 2019

Tukang Baja Ringan

Baja ringan adalah salah satu bahan yang populer sebagai  rangka penutup atap. Bahan ini banyak dipakai dan disukai konsumen karena beberapa sifatnya yang antara lain ringan dan relatif mudah dalam pemasangan. Tukang yang memasang baja ringan sering disebut tukang baja ringan.

Tukang Baja Ringan

Perbedaan Rangka Baja Ringan dan Rangka Baja

Pada suatu penutup atap sudah lama dikenal istilah rangka baja, karena istilah ini sudah ada dari abad sebelum ini, lalu belakangan ini muncul istilah rangka baja ringan. Mungkin diantara pembaca ada yang merasa bingung untuk membedakan antara rangka baja dan rangka baja ringan.

Rangka baja seperti yang dipahami selama ini terbuat dari baja profil yang memiliki penampang berbagai pilihan dengan ketebalan yang bisa dipilih sesuai dengan rencana konstruksi yang akan di bangun. Rangka baja sering didesign untuk menahan beban berat sesuai rencana dan dipilih jenis dan ketebalan tertentu untuk dipasang. Dalam pemasangan rangka baja bisa digunakan alat sambung berbagai type diantaranya las, baut dan mur. Diameter baut bisa dipilih sesuai dengan rencana kekuatan struktur baja terkait. Demikian pula apabila penyambungan menggunakan cara pengelasan maka ketebalan dan cara mengelasnya disesuaikan dengan rencana struktur.

Berbeda dengan rangka baja, maka rangka baja ringan memiliki bobot yang ringan. Cara pembuatan baja ringan juga berbeda dengan rangka baja pada umumnya karena rangka baja ringan dicetak dalam bentuk sheet atau lembaran tipis. Lembaran ini kemudian dibentuk menjadi C canal atau bisa menjadi bentuk lain seperti yang lazim dipakai sebagai bahan reng. Penyambungan pada baja ringan pada umumnya tidak dilas melainkan menggunakan baut. Cara lain yang bisa dipakai pada penyambungan baja ringan adalah rivet. Tidak seperti pada rangka baja pada umumnya, rangka baja ringan tidak dirancang untuk menahan beban berat.

Perbedaan lain antara pembuatan rangka baja ringan dengan rangka baja pada umumnya adalah selama proses pemotongan baja. Pada pemotongan rangka baja biasa bisa dilakukan dengan menggunakan gerinda potong, atau cara dengan api atau alat las, sedangkan pada baja ringan umumnya pemotongan menggunakan gerinda potong atau menggunakan gunting. Pemotongan menggunakan gunting memungkinkan karena tipisnya penampang bahan rangka baja ringan dimana hal ini tidak dimungkinkan untuk rangka baja pada umumnya.


Kanopi Baja Ringan

Perbedaan lain antara rangka baja ringan dengan rangka baja adalah jenis bagian konstruksi yang bisa didukung. Pada rangka baja bisa diaplikasikan pada hampir semua jenis struktur dan jenis konstruksi dari jembatan, tower, tiang rumah, rangka atap dan sebagainya. Sedangkan pada baja ringan yang sering dilakukan adalah sebagai struktur penutup atap saja.

Biaya Ringan

Salah satu alasan kenapa baja ringan disukai adalah karena biaya yang relatif ringan apabila dibandingkan dengan struktur baja atau bahkan jika dibandingkan dengan bahan rangka atap yang lain.

Faktor biaya yang ringan pada baja ringan ini menarik minat pengguna yang ingin pekerjaannya selesai dengan cost yang hemat/ringan. Dimana penghematan ini bisa digunakan sebagai biaya bagian konstruksi yang lain.

Proses Pembuatan Cepat

Kecepatan pembuatan atau waktu pelaksanaan cukup penting untuk dipertimbangkan, terutama untuk konstruksi yang segera akan digunakan atau yang memiliki masa pelaksanaan terbatas.


Bobotnya Ringan

Sesuai namanya baja ringan memiliki bobot yang ringan, dengan demikian tidak membebani konstruksi secara keseluruhan. Keuntungan lain dari bobotnya yang ringan adalah relatif mudah pada proses pemasangan, dimana pemasangan dilakukan satu persatu dan bisa ditenteng oleh satu orang untuk mengangkat batangan baja ringan.

Pemotongan Mudah

Pemotongan rangka baja ringan bisa dilakukan dengan mudah karena bisa digunakan gunting baja yang sudah tersedia di pasaran. Cara lain adalah menggunakan gerinda potong listrik yang bisa memotong secara cepat beberapa batang sekaligus.

Penyambungan Mudah dan Sederhana

Penyambungan bisa dilakukan menggunakan bor listrik dengan mengganti mata bornya dengan alat yang bisa memegang baut baja ringan. Proses pemasangan baut bisa langsung dilakukan dengan ujung baut berfungsi sebagaimana mata bor tanpa terlebih dahulu dibuat lubang baut.

Cukup Kuat Untuk Rangka Atap

Yang cukup penting adalah, meskipun rangka baja ringan cukup tipis dan ringan namun dengan konstruksi tertentu cukup memiliki kekuatan untuk menahan beban atap berikut beban-beban yang menyertainya.


Daya Tahan Terhadap Rayap

Salah satu yang membuat alasan kenapa baja ringan disukai adalah daya tahannya terhadap rayap. Rayap merupakan serangga yang bisa merusak rangka atap yang terbuat dari kayu dimana karena rayap maka kayu bisa hancur yang mengakibatkan kegagalan rangka atap. Untuk menghindari hal inilah banyak konsumen beralih ke baja ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 (DUA) TAHUN BERLIBUR, WAKTUNYA KEMBALI BERSEMANGAT

Setelah berlibur selama 2 (dua) tahun kini waktunya kembali bersemangat dimana keadaan sudah mulai membaik pasca pandemi dan dengan mulai di...