Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Rabu, 08 Mei 2019

Jasa Tukang Pasang Keramik & Batu Alam

Hampir semua rumah khususnya di Jabodetabek menggunakan keramik sebagai finishing. Hingga diperlukan jasa tukang pasang keramik untuk mengerjakan pekerjaan ini.

Pemasangan Batu Alam

Pengertian Keramik

Keramik adalah bahan finishing yang biasanya sudah ready di toko-toko dalam bentuk segi empat yang siap pasang.

Keramik memiliki bahan dasar dari alam yaitu berupa tanah dengan kualitas tertentu yang dibentuk dengan dipanaskan menggunakan alat, kemudian permukaannya di warnai dengan  pewarna yang berbeda-beda sesuai motif yang dipilih.

Permukaan keramik selain memiliki warna sesuai dengan typenya juga kadang-kadang memiliki tektur. Akan tetapi ada juga keramik dengan permukaan rata atau flat.

Aneka jenis keramik memberikan banyak alternatif pilihan buat pemilik untuk memilih keramiknya sendiri sesuai dengan selera serta design rumahnya.

Ukuran Keramik

Hasil akhir pemasangan keramik pada umumnya berupa bidang yang luas seperti dinding dan lantai. Namun demikian bisa saja keramik dipasang memanjang untuk area yang relatif sempit. Contoh yang demikian antara lain pada plin lantai atau sela antar jendela yang berjajar berdekatan.


Meskipun bisa untuk digunakan pada bidang-budang yang luas, keramik dibuat berupa kepingan-kepingan yang umumnya segi empat dengan ukuran bermacam-macam pilihan. Berikut ini adalah berbagai ukuran keramik yang tersedia dipasaran, antara lain:
  • keramik 20x 20 cm²
  • keramik 30 x 30 cm²
  • keramik 40 x 40 cm²
  • keramik 50 x 50 cm²
  • keramik 60 x 60 cm²

Dengan ukuran kepingan seperti di atas, keramik bisa dipasang untuk kebutuhan bentuk apapun di dalam aplikasi di lapangan.

Pemilihan Keramik Berdasar Ukuran

Perbedaan kepingan keramik memberikan keleluasaan bagi pengguna dipasang pada areanya. Secara umum keramik kamar mandi biasanya menggunakan keramik ukuran kecil seperti 20 x 20 cm² untuk lantainya. 

Sedangkan untuk dinding ada beragam pilihan, bisa keramik kecil ataupun keramik yang lebih besar dengan dimensi 40 x 40 cm² atau dimensi-dimensi lain sesuai dengan rencana atau design.

Plin laintai biasanya menggunakan keramik dengan dimensi segi empat non bujur sangkar. Pengertian bujur sangkar yaitu keramik dengan sisi sama panjang. Untuk pekerjaan plin karena plin itu sendiri biasanya memanjang, maka dipasang keramik dengan sisi beda ukuran. Misalnya 10 x 20 cm atau ukuran lainnya. Untuk memperoleh ini maka biasanya tukang keramik memotong keramik yang tersedia di pasaran menjadi ukuran yang diperlukan.

Pemasangan Keramik

Pekerjaan pemasangan keramik dilakukan oleh tukang keramik dengan memperhatikan hal-hal berikut bersama owner atau wakil owner bangunan.

Apabila belum tersedia tukang keramik ataupun tukang yang lain silahkan klik tersedia tukang untuk info lebih lanjut.

Design Rumah/Bangunan

Pada proses pemasangan, pertama kali perlu diperhatikan design dari pekerjaan yang biasanya sudah mencantumkan jenis keramik, baik motif maupun ukurannya. Sebelum pembelian keramik dilakukan, dipastikan dahulu bahwa keramik yang akan dipasang sudah sesuai dengan rencana. 

Hal di atas perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan pemasangan yang mengakibatkan pekerjaan bongkar pasang. Apabila salah akan mengakibatkan bongkar pasang pekerjaan bisa mengakibatkan kerugian biaya yang tidak perlu terjadi, selain kerugian biaya juga bisa menimbulkan kerugian waktu pelaksanaan yang mundur akibat pekerjaan bongkar pasang ini.

Alinemen Vertikal dan Horizontal

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian pada tukang keramik yang memasangnya adalah kelurusan nat keramik dan juga kedatarannya jangan sampai bergelombang. Keramik harus datar dan lurus. Untuk itu perlu penggunaan peralatan yang memadai seperti waterpass dan benang serta meteran.

Mortar Pemasangan Keramik

Pada saat pemasangan keramik, tukang memerlukan mortar sebagai perekat antar kepingan keramik dengan bidang yang dipasang. Mortar ini pada dadarnya terdiri dari Portland Cemen (PC) yang biasa dikenal dengan nama semen, kemudian pasir dan air sebagai media untuk pengadukan.

Pada awalnya semen dan pasir di campurkan pada keadaan kering dan kemudian tukang menambahkan air sedemikian sehingga kekentalannya sesuai untuk pemasangan keramik.

Akan tetapi selain mortar demikian, saat ini terdapat mortar siap pakai produk dengan merek tertentu yang memudahkan dalam pemasangan.

Alat Bantu Pemasangan Keramik

Selain bahan-bahan seperti sudah diuraikan di atas, tukang keramik pada waktu melakukan pemasangan memerlukan berbagai alat bantu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Alat-alat tersebut antara lain:
  • cetoke
  • emberm
  • meteran
  • benangp
  • pakup
  • paluw
  • waterpassa
  • alatpotong keramik
  • jidar

Dan apabila pekerjaan dilakukan di tempat yang gelap maka diperlukan alat penerangan seperti lampu listrik.

Serupa Dengan Keramik

Jenis-jenis material lain ada yg serupa dengan keramik dalam hal cara pemasangan dan kepingan-kepingannya sebelum dipasang. Material tersebut antara lain:
  • Granit
  • Marmer
  • Batu alam
Batu alam sendiri memiliki beberapa jenis seperti batu candi, batu palimanan dsb.

Penutup

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui kontak Renoviz.

Demikian secara singkat tentang tukang keramik, apabila memerlukan jasa tukang keramik silahkan menghubungi kami melalui telp/sms/WhatsApp yang tercantum di bagian atas halaman. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANGUN SALON MOBIL SECARA EFISIEN HASIL MAKSIMAL

Ini adalah pembangunan Salon Mobil yang dilakukan dengan mengefisienkan material yang ada dengan hasil semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan...