Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Rabu, 10 April 2019

Siapa Yang Tak Kenal Ukiran Kayu Jati Jepara?

Setiap penduduk Indonesia yang sudah dewasa rata-rata mengenal ukir-ukiran dari kayu. Baik mengenalnya secara langsung maupun mengenal melalui berbagai media seperti televisi maupun internet. Diantara ukir-ukiran kayu tersebut yang paling terkenal adalah ukiran kayu Jepara.

Pintu Ukir Jepara

Pemasangan Ukiran Jepara

Ukiran pada renovasi bangunan rumah sering di pasang sebagai pintu bangunan rumah, jendela rumah dan pada rumah serta berbagai furniture seperti lemari pakaian, partisi rumah, meja, kursi dll.

Finishing ukiran Jepara

Kayu jati bisa difinish dengan menggu akan farnish, pelitur atau stain. Penggunaan stain bisa sedikit merubah warna permukaan kayu jati, namun demikian masih menampakkan tektur aslinya. Pemilihan warna stain perlu disesuaikan dengan corak yang diinginkan.

Farnish selain sebagai finish permukaan bisa juga memberikan proteksi pada permukaan ukiran.

Daya tahan Ukiran Kayu Jati 

Ukiran pada kayu terutama kayu jati yang sudah cukup umur apabila penggunaan dan perawatannya benar bisa berumur sampai ratusan tahun. Dengan daya tahan seperti ini maka ukiran kayu jati ini tidak perlu diragukan lagi mengenai daya tahannya.

Pada kenyataannya banyak perabotan kayu jati yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya, bahkan sampai kepada cucu. Dengan posisi tersebut maka menjadi penting memiliki perabotan kayu jati dengan design yang bisa digemari untuk waktu yang lama.

Teknik Pembuatan Ukiran Kayu Jati 

Perkembangan jaman mungkin merubah sedikit teknik membuat ukiran kayu jati, bisa saja tekniknya berubah signigikan nantinya. Namun pada saat ini secara umum ukiran dibuat dengan cara tradisional menggunakan pahat kayu.

Ukiran kayu jati yang paling terkenal adalah yang dibuat di Jepara. Hingga dikenal dengan nama ukiran kayu jati Jepara. Ukiran kayu jati Jepara banyak dikirim ke luar daerah seperti ke Jakarta dan kota-kota lain do Indonesia, bahkan diexpor ke manca negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANGUN SALON MOBIL SECARA EFISIEN HASIL MAKSIMAL

Ini adalah pembangunan Salon Mobil yang dilakukan dengan mengefisienkan material yang ada dengan hasil semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan...