Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Kamis, 04 April 2019

Dinding Lama Sebaiknya di Bobok Atau di Bongkar

Apabila kita akan merenovasi bangunan lama, pekerjaan yang sering ada kalau tidak dibilang selalu adalah pembongkaran. Pada pekerjaan ini tukang setidaknya membobok bangunan lama, bahkan bisa jadi tukang harus merobohkan bangunan lama.

Bobokan Pada Dinding

Dibobok Atau Dibongkar

Untuk rumah yang perlu renovasi besar, perlu dipertimbangkan apakah tukang akan melakukan pembobokan saja atau pembongkaran sampai batas tertentu bangunan. Perlu diingat bahwa apabila pembonokan dilakukan pada tempat yang terlalu banyak, maka keadaannya menjadi tidak efisien. Hal ini terjadi karena tukang harus menutup kembali bobokan-bobokan tersebut dengan material baru yang membuat pekerjaan menjadi rumit dan relatif kurang rapi.

Apabila terdapat kondisi dimana banyak dinding yang lapuk dengan prosentasi cukup besar dan tukang melakukan pembobokan pada bagian ini untuk kemudian dipasang kembali dengan pasangan baru maka perlu diperhatikan berapa bagian yang perlu dibobok, jika prosentasenya besar maka sebaiknya dinding dibongkar untuk dipasang dengan dinding baru. Hal ini terjadi karena apabila bobokannya banyak maka biaya pembobokan akan relatif mahal jika dibandingkan dengan apabila tukang langsung membongkar dindingnya dan baru dipasang kembali yang baru. Masalah lain yang timbul apabila dilakukan pembobokan dengan prosentase besar adalah kesulitan bagi tukang untuk menjaga kerapian.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Pembobokan

Untuk dinding akan diputuskan untuk dibobok oleh tukang, perlu diperhatikan apakah dinding tersebut cukup kuat? Karena apabila tidak cukup kuat ada kemungkinan dinding ambruk saat tukang melakukan pembobokan. Dinding sisa dari pembobokan juga perlu cukup kuat untuk menahan dirinya dan beban yang mungkin muncul pada saat tukang melakukan perbaikan sampai proses perbaikan selesai dilakukan.

Bangunan Cagar Budaya

Untuk bangunan yang dilindungi, maka renovasi harus mempertahankan keaslian bangunannya. Untuk bangunan jenis ini maka yang dilakukan tukang tidak boleh banyak melakukan perubahan. Apabila harus dilakukan pembobokan, maka tukang yang bekerja harus memperhatikan sedemikian rupa supaya tidak terjadi banyak kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 (DUA) TAHUN BERLIBUR, WAKTUNYA KEMBALI BERSEMANGAT

Setelah berlibur selama 2 (dua) tahun kini waktunya kembali bersemangat dimana keadaan sudah mulai membaik pasca pandemi dan dengan mulai di...