Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Selasa, 26 Juni 2018

Mencermati Rumah Bocor Setelah Dikerjakan Tukang (Lanjutan...)

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan yang sama sebelumnya dengan judul yang sama, disini akan kami jelaskan apa yang sebenarnya terjadi dimana rumah bocor pada saat baru saja dikerjakan tukang.

Rumah Existing sebelum renovasi
Rumah Existing pic. by Renoviz.com

Kami dari Renoviz dot com kembali akan mengulas maslah tersebut dan solusinya.  Bagi yang belum membaca postingan sebelumnya ada baiknya membaca terlebih dahulu supaya lebih jelas, silahkan klik Mencermati Rumah Bocor Setelah Dikerjakan Tukang (study kasus Rumah Ibu Helen)

Setelah ditambah dak dan kamar di atas


Apa yang sebenarnya terjadi?

Sebagaimana sudah disampaikan pada postingan sebelumnya, tukang membuat dak pada sisi belakang rumah dan pada satu sisinya membuat kamar baru, dengan demikian ada peninggian tembok pada sisi kamar. Selain itu ada  tembok lain pada dak dimana tukang membuat tembok setengah badan yang difungsikan sebagai pagar pada bagian dak yang tidak dibangun kamar.

Pada Bagian Merah
Seharusnya dipasang talang air

Nah pertemuan tembok tersebut dengan atap existing pada saat hujan menjadi aliran air, karena atap membentuk kemiringan dengan sisi yang paling rendah terdapat pada pertemuan atap existing dengan tembok kamar. Pada pertemuan tersebut mestinya dibuat talang yang memadai, akan tetapi dilapangan hanya ada acian sebagai proteksi atau mungkin yang dimaksudkan sebagai talang, sedikit di atas lekukan pertemuan dibuat ban-banan (istilah tukang).

Ban-banan pada pertemuan dinding bisa dilakukan apabila pertemuan tersebut berada pada bagian yang tinggi atau punggung atap, akan tetapi yang terjadi pada rumah Ibu Helen, pertemuan atap berada pada sisi bawah atap yang berarti ini merupakan cekungan dan tempat aliran air. Karena tidak adanya talang yang memadai maka air meresap ke tembok dengan cepat pada saat ada hujan.

Permasalahan pada tembok dinding yang ditinggikan

Sebagaimana kami sebutkan sebelumnya, tukang menambah dinding kamar dan dinding pembatas pada dak, dinding tersebut tidak terlindungi dari hujan karena tidak ada kanopi di atasnya dimana tanah bangunan berbatasan dengan tetangga. 

Hal ini mengakibatkan air terpapar langsung ke tembok. Dengan luasan tembok yang terkena hujan langsung cukup besar, maka  tembok tersebut menyerap air dengan jumlah cukup banyak. Selanjutnya air masuk ke dalam tembok melalui permukaan dinding.

Kenapa Tembok Basah Kemana-Mana?

Bagian dari rumah yang terkena air langsung adalah pada pertemuan peninggian tembok dengan atap existing dan pada peninggian tembok yang tidak terlindung kanopi, tapi kena apa hampir semua dinding rumah bocor atau tepatnya basah?

Tembok kuning no 1,2 dan 3 adalah tembok baru
Bagian ini langsung terkena air hujan karena tanpa kanopi
seharusnya dibuat waterproof

Perlu kami ingatkan bahwa dinding pada satu bangunan bertemu dengan dinding lain karena tembok itu berhubungan. Dengan demikian mudah dipahami bahwa ketika satu tembok basah apalagi dengan jumlah air yang besar maka air tersebut akan merambat kepada tembok yang berhubungan tersebut. Dan tembok yang ada di sebelahnya akan merembeskan air ke tembok berikutnya, demikian kenapa hampir semua tembok pada rumah Ibu Helen menjadi basah.

Tembok Tetangga Ikut Basah

Kami mengetahui bahwa tembok tetangga yang berhimpitan dengan rumah Ibu Helen ikut basah, padahal masing-masing memiliki tembok sendiri. Ini berarti jumlah air yang merembes ke dalam tembok cukup besar yang bahkan rumah sebelah yang memiliki tembok sendiri tapi berhimpitan ikut basah.

Solusi yang kami lakukan

Dari dua hal diatas bisa disimpulkan ada 2 masalah utama yang terjadi pada rumah bocor Ibu Helen, yaitu:

  1. Kebocoran pada pertemuan peninggian dinding dan atap existing bangunan rumah,
  2. Dinding pada peninggian tembok yang terexpos tidak terlindungi atap dan langsung terpapar air hujan.
Dari 2 permasalahn utama tersebut kami menyarankan:

  1. Dibuat talang yang memadai pada pertemuan peninggian tembok dan atap existing,
  2. Dinding exterior terutama yang tidak mendapat penutup atap dibuat water proof.

Mendiskusikan Aksi Lapangan

Setelah kami menyampaikan masalah tersebut kepada Ibu Helen lalu ibu Helen bilang kepada tukangnya untuk berbicara kepada kami. Lalu kami mendiskusikan langkah tersebut dan ketika  dua langkah diatas di jalankan maka rumah Ibu Helen terbebas dari kebocoran. Rumah disebelahnyapun kini kering tidak ada rembesan air di dinding lagi.

Selain perubahan tersebut pada bagian depan rumah di pasang kios dan carport dipasang atap sehingga penampilan dari depan berubah dari aslinya. Untuk lebih jelasnya baca juga bagian pertama postingan ini klik disini.

Kesimpulan

  • Sebelum melakukan renovasi rumah buat rencana yang matang, buat design terlebih dahulu atau serahkan kepada orang yang mengerti.
  • Pekerjaan yang langsung diserahkan kepada tukang bisa mengakibatkan pekerjaan bongkar pasang terutama apabila tukang tidak mengerti design dan prinsip pembangunan rumah, dalam  kasus ini terjadi pembongkaran pada pertemuan antara peninggian dinding dan atap existing. Dengan demikian akan terjadi penambahan waktu kerja dan tambahan biaya atas pekerjaan bongkar pasang.
  • Tukang bisa bekerja lebih baik dengan adanya rencana yang matang seperti design dan gambar kerja.

Penutup

Demikian tulisan mengenai mencermati rumah bocor ini, semoga bermanfaat dan bisa dipakai sebagai acuan apabila saudara-saudara ingin merenovasi rumah. Silahkan mengisi komen di bawah, kritik dan saran selalu kami harapkan, sampai jumpa lagi pada postingan berikut :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2 (DUA) TAHUN BERLIBUR, WAKTUNYA KEMBALI BERSEMANGAT

Setelah berlibur selama 2 (dua) tahun kini waktunya kembali bersemangat dimana keadaan sudah mulai membaik pasca pandemi dan dengan mulai di...