Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Selasa, 12 Juni 2018

Apa Yang Perlu Dilakukan Menjelang Mudik

Saat mudik pastinya semuanya ingin merasa tenang di kampung halamannya untuk menikmati suasana Idul Fitri bersama keluarga dan orang-orang yang dicintai tanpa kepikiran rumah atau property yang ditinggalkan. Namun demikian bukan berarti rumah tidak aman, nah untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan bisa dilakukan hal-hal antara lain dengan melakukan persiapan yang matang.

Rumah Terbakar
Jangan Sampai Rumah/Property jadi seperti ini

Sebenarnya postingan ingin sedikit berkaitan dengan postingan Renoviz Com sebelumnya yaitu Alasan Mudik dan Apa Yang Terjadi Pada Property Saat Ditinggal Mudik bagi yang belum membacanya silahkan di klik saja :) Persiapan untuk mudik cukup banyak namun diantaranya bisa kami bagi menjadi 2, yaitu:
  • Persiapan untuk rumah/property yang ditinggalkan 
  • Persiapan untuk prasarana transportasi 
Di sini Renoviz Com akan membahas persatu sehingga kepulangan ke kampung alias mudik akan semakin terasa tenang karena persiapan sudah dilakukan dengan maksimal.

PERSIAPAN UNTUK RUMAH/PROPERTY YANG DITINGGAL MUDIK

Selain hal-hal yang sebaiknya dilakukan seperti postingan saya terdahulu sesuai link di atas, maka sebaiknya beberapa hal yang langsung bisa dilkuakn di rumah juga dijalani sebelum berangkat mudik.

Rumah Indah Yang Terjaga
Jagalah Rumah Anda

Hal-hal yang berhubungan dengan air

Apabila rumah anda menggunakan air sumur maka pompa air bisa dicabut sementara aliran listriknya, karena kalau aliran listrik tetap tersambung maka apabila ada binatang yang menyenggol saklar bisa mengakibatnya pompa hidup. Apabila ini terjadi dan tempat anda tidak menggunakan saklar otomatis yang akan terputus ketika air penuh, maka bisa jadi rumah anda akan kebanjiran air sumur. Hal demikian pastinya tidak diinginkan, maka salah satu caranya adalah mencabut aliran listrik.

Sekalipun anda menggunakan saklar otomatis yang mematikan listrik ketika toren air penuh, namun bisa saja ketika anda tidak dirumah dan ada kran air di luar bisa ada orang iseng menggunakan kran air anda dan menghidupkan/membuka kran air. Beruntung kalau sesudahnya dimatikan, kalau tidak maka akibatnya bisa banjir seperti kami sebutkan sebelumnya. Hal itu menunjukkan pentingnya mencabut aliran listrik.  Selain mencabut aliran listrik, untuk keamanan sebaiknya kran-kran juga ditutup.

Akuarium sering menggunakan pompa air untuk sirkulasi air, jika ada pompa demikian di akuarium rumah anda maka untuk keamanan sebaiknya juga dicabut/diputus aliran listriknya.

Hal-hal yang berhubungan dengan api

Air kalau tidak dikontrol bisa menimbulkan bahaya buat rumah anda, terlebih api. Karena api bisa membakar apa saja yang terkena, tidak terkecuali rumah. Namun bisa diupayakan hal-hal tertentu untuk mengurangi resiko tersebut.

Hampir setiap rumah menggunakan api, hal ini antara lain untuk memasak seperti kompor, penerangan seperti lilin, wewangian seperti pembakar aroma terapi atau yang ringan seperti korek untuk menyalakan rokok bagi yang merokok atau bahkan untuk menyulut obat nyamuk. Banyaknya kegunaan api dalam rumah tangga membuat pemilik rumah perlu memperhatikan dengan seksama penggunaan api tersebut.

Api yang biasanya paling sering digunakan pada rumah tangga adalah penggunaan kompor. Jaman now yang paling banyak digunakan adalah kompor gas. Sehubungan dengan rencana mudik lebaran dan keamanan rumah maka kompor perlu dimatikan segera sebelum meninggalkan rumah, dan supaya lebih safety gas sebaiknya dilepas dari selangnya. Yamg juga masih berhubungan dengan gas adalah pemasan air otomatis dengan bahan bakar gas. Alat ini perlu dimatikan sebelum ditinggal mudik jika dirumah anda menggunakan pemanas air seperti itu. Seperti halnya kompor maka sebaiknya gas dilepas dari regulator atau dari selangnya.

Kompor selain menggunakan gas juga ada yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Tidak beda dengan kompor gas, kompor listrik juga menimbulkan api yang juga harus diamankan sebelum mudik. Matikan kompor dan cabut konektor listriknya.

Selain yang sudah kami bahas di Renoviz, sumber-sumber apai lainnya perlu diamankan semua sebelum mudik dengan cara dimatikan dan dilepas sumber bahan bakarnya.

Hal yang berhubungan dengan listrik

Listrik adalah sember energi yang bisa menimbulkan percikan api. Hal ini bisa berbahaya karena cukup banyak berita tentang kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Untuk keamanan saat mudaik maka sebaiknya penggunaan listrik dihentikan saat mudik dan dicabut konektornya.

PERSIAPAN UNTUK SARANA TRANSPORTASI MUDIK

Untuk sarana transportasi saat mudik cukup banyak ragamnya dan berbeda-beda tergantung moda transportasi yang anda gunakan. Namun secara umum terdiri dari transportasi publik dan transportasi privat.

Untuk transportasi umum, pastikan anda sudah mendapatkan tiket dan pastikan jangan datang terlambat saat pemberangkatan. Sedangkan untuk transportasi privat maka persiapan mudik terdiri dari kelengkapan surat dan kesiapan fisik alat transportasinya. Persiapkan hal-hal tersebut dan pastikan tidak ada yang ketinggalan.

Penutup

Demikian informasi dari Renoviz dot com yang bisa disampaikan saat ini sehubungan dengan apa yang perlu dilakukan menjelang mudik lebaran supaya rumah / property anda lebih aman dan tidak menyita pikiran saat mudik. Selamat mudik, dan selamat Idul Fitri :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANGUN SALON MOBIL SECARA EFISIEN HASIL MAKSIMAL

Ini adalah pembangunan Salon Mobil yang dilakukan dengan mengefisienkan material yang ada dengan hasil semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan...