Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Kamis, 14 Juni 2018

Wahai Kampung Kemana Kayu-Kayu Yang Dulu Di Rumah-Rumahmu?

Saat mudik satu perasaan dominan yang biasanya sangat terasa adalah kerinduan pada orang-orang terdekat dan keinginan untuk saling maaf-memaafan atau bersalam-salaman dan saling menjaga silaturahmi.

Namun selain perasaan diatas dan rasa kerinduan terhadap kampung, mungkin anda sadari atau tidak selalu saja ada perubahan wajah kampung yang terjadi setiap tahunnya. Perubahan sebagai tanda bahwa kampung-kampung di Indonesia terus tumbuh semakin berkembang. Dalam pertumbuhan tersebut ada yang semakin kuat trendnya dan ada yang sedikit mulai ditinggalkan. Untuk kampung saya yang banyak anak mudanya merantau baik di kota-kota di Indonesia seperti di Jakarta dan kota-kota lian serta tidak sedikit yang meratau di luar negeri. Keberhasilan mereka membuat mereka mulai membangun rumah tinggalnya dikampung semakin baik dan permanen. Namun kami rasa itu terjadi dikampung-kampung lain.

Rumah Kayu design by Renoviz.com

Kemanakah perginya kayu?

Seiring dengan kemampuan membangun rumah warga kampung maka semakin banyak rumah-rumah kayu yang dibongkar dan diganti dengan tembok-tembok dan sebagian beton. Dan sebagian menggunakan bahan-bahan lain seperti plastik dan aluminium. Namun ada kecenderungan kayu menjadi berkurang cukup signifikan, bahkan ada yang meninggalkan kayu sebagai bahan bangunannya.

Meninggalkan kayu sebagai bahan bangunan dan menggantinya dengan bahan lain sah-sah saja. Bisa bangunan menjadi keren tanpa kayu di dalamnya. Akan tetapi tahukah bahwa kayu sebagai bahan dasar hunian juga memiliki banyak sekali kelebihannya?

Memang penggunaan kayu tidak sepenuhnya ditinggalkan, namun kecenderungan untuk itu semakin terlihat dari tahun-ke tahun apabila mudik kampung.

Mengapa pemakaian kayu berkurang?

Salah satu penyebab mengapa kayu sedikit ditinggalkan sering terlintas di pikiran saya, namun kesimpulan saya adalah karena dengan menggunakan kayu maka pemilik merasakan rumahnya kurang keren. Jika benar dugaan saya maka masalahnya relatif sederhana, karena tujuan untuk membuat rumah keren dengan unsur kayu cukup banyak dipertahankan malah bisa dicapai. Kayu itu sendiri bisa sangat keren.

Kurangnya design dengan bahan kayu yang sesuai

Sebenarnya banyak design-design rumah dari kayu yang tersedia, rata-rata rumah tersebut didesign secara keseluruhan. Atau bagi warga yang sudah memiliki rumah dan akan menerapkan design tersebut maka harus dilakukan perombankan menyeluruh yang artinya rumah harus dibongkar terlebih dahulu. Sedangkan untuk keperluan renovasi sederhana design tersebut tidak sesuai. Atau design-design lain yang tersedia terlalu mewah untuk rumah yang akan direnovasi sedikit demi sedikit.

Dari hal di atas mungkin saja berarti tidak adanya design dengan biaya yang sesuai dan bisa diterapkan pada renovasi warga desa, baik skala renovasi maupun dari segi biaya.

Cari design yang sesuai atau konsultasi dengan teman yang bekerja di bidang ini

Kalau anda punya teman apalagi teman kampung, maka bisa konsultasi yang mungkin saja gratis karena itu teman untuk membuat design dari kayu yang sederhana tapi keren :) Mengapa tidak? Dengan demikian maka pemakaian kayu bisa digunakan secara keren dimana bahan masih relatif banyak dari kayu kebun yang banyak di tanam di kampung.

Sayang kalau kayu disia-siakan

Kayu dikampung banyak di jual ke luar dengan harga relatif murah, sementara untuk rumah-rumah tinggal menggunakan bahan-bahan lebih mahal yang sebenarnya tidak lebih keren dari  kayu. Sebaliknya penggunaan kayu bisa keren seandainya digunakan dengan benar. 

Design-design simple atau sederhana bisa untuk meningkatkan efek kayu, atau sekurang-kurangnya bisa dipakai untuk rumah sendiri dari kayu-kayu yang ada di kebun. Manfaatkan kayu-kayu dikebun anda untuk rumah anda sendiri jangan semuanya dijual, sisanya baru dijual :) setelah cukup untuk rumah sendiri.

Kenyataan tentang bahan kayu

Apabila memperhatikan rumah-rumah di kota-kota besar maka berikut ini adalah gambaran kenyataan pemakaian kayu yang penulis alami selama bekerja:
  • Dengan design yang baik, kayu adalah banhan bangunan yang sangat bagus dibanding bahan-bahan lain jika difinish dengan benar efeknya sangat keren,
  • Hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakan bahan bangunan kayu,
  • Bahan kayu lebih disukai dari bahan lain,
  • Bahan kayu dikampung banyak tersedia

Penutup

Demikian unek-unek tentang kayu yang menghilang penggunaannya di perkembangan kampung-kampung dan berganti dengan bahan lain. Gunakan bahan lain, namun jangan sepenuhnya tinggalkan kayu karena kayu bisa ditanam di kebun-kebun sekitar rumah. Untuk yang ingin design sederhana kayu secara gratis untuk rumahnya di kampung, silahkan hubungi kami :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANGUN SALON MOBIL SECARA EFISIEN HASIL MAKSIMAL

Ini adalah pembangunan Salon Mobil yang dilakukan dengan mengefisienkan material yang ada dengan hasil semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan...