Furniture, Renovasi Rumah & Tukang Bangunan HP/WA 081295652762

Senin, 02 Maret 2020

Memilih Material Untuk Renovasi Kamar Mandi (KM)

Kamar mandi adalah bagaian penting pada suatu bangunan hunian seperti rumah, apartemen dan juga hotel atau jenis-jenis penginapan lainnya. Dimana banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan adanya kamar mandi. Pada hunian umumnya kamar mandi menjadi satu dengan WC, sehingga pada uraian selanjutnya apabila disebutkan kamar mandi maka pengertiannya adalah kamar mandi dan WC.

Accessories Kamar Mandi
Karena berada dalam suatu bangunan atau di luar bangunan yang masih menyatu dengan bangunan induknya, maka kamar mandi perlu mendapat perhatian sehingga selain fungsinya juga keindahannya perlu dijaga. Pada proses menjaga keindahan inilah maka pembangunan kamar mandi selayaknya mendapatkan perhatian yang baik.

Design Kamar Mandi

Sebelum pekerjaan pembuatan kamar mandi dimulai,  seperti halnya bagian bangunan yang lain biasanya sudah direncanakan terlebih dahulu. Dimana pada perencanaan ini tercakup design bentuk bangunannya, tata ruangannya bahkan aksesoriesnya seperti kunci-kunci pintu, shower, kran, washtavel, gantungan-gantungan pakaian dan handuk serta lampu-lampunyapun sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga dengan perencanaan yang memadai maka proses pelaksanaannya menjadi mudah.

Bahan Material Bangunan dan Accessories

 

A. Bahan Material Bangunan

Selain perencanaan bentuk dan fungsi bangunan kamar mandi untuk memperoleh hasil yang maksimal juga perlu direncanakan bahan-bahan yang akan dipakai. Seperti misalnya untuk dinding kamar mandi bisa dipilih untuk dindingnya sendiri menggunakan hebel, bata atau GRC, triplek, plywood, kayu atau bahan-bahan lain yang sesuai dengan design yang sudah dilakukan. Bahan-bahan dinding tersebut selain didesign secara baik juga perlu diperhatikan ketersediaannya di lapangan atau disekitar tempat akan dibangunnya kamar mandi tersebut.

Ketersediaan bahan-bahan tersebut selain ketersediaannya juga perlu diperhatikan jaraknya. Karena walaupun barangnya tersedia, namun apabila jaraknya terlalu jauh maka biaya pengangkutannya bisa tinggi. Dengan demikian perlu dipertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan yang sedemikian sehingga harga serta jarak angkutnya masih bisa tercover biaya.

Toilet Duduk dan Sprayer

Faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah tersedianya jalan untuk mengangkut bahan-bahan tersebut. Hal ini berhubungan dengan dimensi bahan bangunan, dimana untuk bahan berukuran besar mungkin susah untuk dibawa atau bahkan tidak bisa dibawa sampai tempat pembangunan karena ukuran besar. Sebagai contoh untuk hal ini adalah apabila membangun kamar mandi di lantai atas dengan menggunakan tangga besi putar maka menggunakan bahan bak mandi atau bathtub ukuran besar akan mengalami kesulitan pada saat membawa ke kamar mandi di lantai atas tersebut. Sehingga untuk hal yang demikian perlu dipertimabangkan bentuk lain atau tidak memakai bak mandi besar akan tetapi diganti dengan shower atau menggunakan alternatif lainnya.

B. Accessories Kamar Mandi

Selain pemilihan material seperti diuraikan di atas, masih ada hal-hal lain yang perlu mendapat perhatian seperti accessories kamar mandi. Untuk memilih accessories bisa mencari referensi dari produsen accessories dengan merek-merek yang sudah mapan, namun bisa juga menggunakan merek-merek alternatif yang memiliki design sesuai dengan yang diinginkan pemilik/owner.

Shower Mandi 

Pemilihan material yang berkualitas akan mempengaruhi hasil akhir dari kamar mandi yang dihasilkan. Secara umum accessories kamar mandi bisa berupa bahan dari stainless steel, namun bisa dari tembaga atau aluminium. Tidak jarang juga material dari accessories kamar mandi yang berupa plastik atau fiberglass. Bahan lain yang juga sering digunakan sebagai accessories kamar mandi adalah fibercarbon.

Warna pada accessories kamar mandi perlu didesign supaya menghasilkan kamar mandi idaman, dimana warna bisa dipilih langsung pada accessories kamar mandi yang siap pakai atau bisa juga menggunakan accessories kamar mandi yang di finish sehingga menghasilkan warna dan texture yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANGUN SALON MOBIL SECARA EFISIEN HASIL MAKSIMAL

Ini adalah pembangunan Salon Mobil yang dilakukan dengan mengefisienkan material yang ada dengan hasil semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan...